Selasa, 11 September 2012

Tumbuhan Liar Berkhasiat Obat


JENIS-JENIS TUMBUHAN LIAR BERKHASIAT OBAT
Meskipun pada kenyataannya satu jenis tumbuhan memiliki khasiat lebih dari satu, tetapi setiap tumbuhan memiliki khasiat utama untuk pengobatan penyakit tertentu. Alhasil, khasiat utamanya ini sekaligus melekat sebagai julukan bagi tumbuhan yang bersangkutan. Berikut akan diuraikan beberapa tumbuhan liar berkhasiat obat yang terdapat di sekitar kita, beserta khasiat utama dan aneka khasiat lainnya.
A.  Alang-Alang (Si Penakluk Gangguan Berkemih)

Tumbuhan dari family Poaceae ini memiliki nama ilmiah Imperata cylindrical L. Di beberapa daerah di Indonesia dikenal dengan nama ilalang atau jukut uerih. Alang-alang tumbuh liat di lahan terbuka atau sedikit terlindung, seperti ladangatau perkebunan. Tempat tumbuhannya dari 1-2.700 m di atas permukiaan laut (dpl). Alang-alang merupakan gulma yang sangat merugikan tanaman, baik tanaman musiman maupun tahunan. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah akarnya. Alang-alang mengandung kersik dan dammar.
a.       Sifat dan Khasiat
Alang-alang memiliki khasiat sebagai pembersih darah, penambah nafsu makan, serta menyembuhkan sakit kuning , radang ginjal akut, demam, batuk, sesak napas, muntah darah, kencing nanah, dan mimisan.
b.      Penggunaan
1.      Penyakit Utama
@  Radang ginjal akut
Akar alang-alang segar 60-120 gram dicuci bersih, dipotong-potong, direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Diminum 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas.
@  Air kemih berdarah
Rebus 100 gram akar alang-alang segar dengan air bersih sebanyak 2000 cc hingga bersisa 1000 cc. Hasil rebusan itu (1000 cc) dibagi untuk 3 kali minum. Ramuan diminum 3 kali sehari, sebelum makan.
@  Kencing nanah
Cuci bersih 300 gram akar alang-alang segar, potong-potong dan rebus dengan air bersih sebanyak 2000 cc hingga bersisa 1200 cc, tambahkan gula batu secukupnya. Takaran 1200 cc itu di8bagi menjadi 3 kali minum (bisa digunakan sebagai teh), masing-masing sebayak 400 cc.
2.      Penyakit lain
@  Muntah darah
Cuci bersih 30-60 gram akar alang-alang segar, potong-potong dan rebus 3 gelas air bersih hingga bersisa 1 gelas. Minum setelah dingin dengan dosis masing-masing 1 gelas untuk sekali minum. Ramuan  ini diminum sehari 3 kali.
@  Mimisan
Cuci bersih 60 gram (satu genggam) akar alang-alang segar, kemudian tumbuk dan peras airnya hingga terkumpul sekitar 100 cc, kemudian minum 2 kali. Waktu minum sebelum makan pagi dan sore atau malam.

@  Hepatitis akut menular
Rebus 60 gram akar alang-alang kering dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas.. Ramuan ini diminum sehari 3 kali, masing-masing 1 gelas.

B.     Ajeran (Si Antirematik)

Tumbuhan yang berkembang biak dengan biji ini memiliki nama ilmiah Bidens spilosa L. Anggota family Compositae ini juga dikenal dengan nama ketulan, hareuga, atau kerok batok.
Ajeran tumbuh liar, menyukai tempat terbuka, agak terlindung, dan ditanah yang agak lembab. Tempat tumbuhanya dari datan rendaj hingga dataran tinggi dengan ketinggian 1250 m dpl. Tumbuhan ini juga merupakan penganggu tanaman musiman dan tahunan. Bagian ajeran yang digunakan sebagai bahan obat adalah daun, batang,dan akar. Ajeran mengandung bidentin, misnyak atsiri, lilin, dan lemak.
a.       Sifat dan Khasiat
Herba ajeran berkhasiat sebagai antiradang, menghilangkan sumbatan pada pembuluh darah, dan melancarkan aliran darah,
b.      Penggunaan
1.      Penyakit Utama
@  Rematik
Herba ajeran keting 30-60 gram, potong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air hingga menjadi 2 gelas. Saring, minum ramuan ini 2 kali sehari sebelum makan, masing-masing 1 gelas.
2.      Penyakit Lain
@  Influenza, demam, sakit tenggorokan, radang usus buntuk, hepatitis akut, mencret, rematik sendi, dan radang selaput otak
Daun dan batang muda segar sebanyak100-200 gram direbus dengan 2 gelas air hingga bersisa 1 gelas. Air rebusa tersebut diminum dalam keadaan hangat atau dingin pada pagi hari sebellum sarapan. Ampas yang tersisa dapat digunakan untuk rebusan selanjutnya. Sebaiknya digunakan untuk sehari, dan diganti dengan bahan yang baru untuk hari berikutnya.
@  Luka, digigit ular berbisa, disengat serangga, memar karena terpukul, wasir, dan gatal-gatal
Lumatkan daun ajeran segar secukupnya, kemudian tempelkan pada bagian yang sakit. Pemakaian lainnya bsa juga dengan cara direbus, kemudian dipakai untuk mencuci bagian yang sakit.
@  Rabun mata
Rebus akar ajeran secukupnya hingga mendidih. Setelah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk obat tetes mata.
@  Sakit gigi
Daun ajeran muda secukupnya, dikunyah beberapa menit, kemudian dimuntahkan (jangan ditelan).
C.     Anting-Anting (Si Anti Asam Urat)


Anting-anting berasal dari family Euphorbiaceae. Tumbuhan dengan nama ilmiah Acalypha australis (Linn) ini bentuk daunnya lonjong hingga lanset dengan tepi bergerigi. Anting-anting tumbuh baik di tempat-tempat dengan sinar matahari cukup. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah seluruh bagian tumbuhan.
a.       Sifar dan Khasiat
Herba anting-anting bersifat sejuk dan rasanya pahit. Khasiatnya sebagai antiradang, peluruh air seni, dan astriningen (menghentikan pendarahan).
b.      Penggunaan
1.      Penyakit Utama
@  Asam Urat
Cuci bersih anting-anting kering (seluruh batang) sebanyak 30-60 gram, kemudian rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Minum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas. Ramuan ini diminum sebelum makan pagi dan makan malam.
2.      Penyakit lain
@  Dematitis, eksim, dan koreng
Cuci bersih herba anting-anting segar secukupnya, kemudian rebus. Gunakan airnya untuk mencuci bagian tubuh yang sakit.
@  Pendarahan dan luka luar
Herba anting-anting segar, tambah dengan gula pasir secukupnya, lumatkan dan tempelkan ke tempat yang sakit.
@  Disentri amuba
Cuci bersih herba anting-anting kering (seluruh batang) sebanyak 30-60 gram, rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Minum ramuan 2 kali sehari selama 5-10 hari sebelum makan pagi dan makan malam.
@  Diare, disentri basiler, muntah darah, mimisan, berak darah (melena), batuk
Rebus herba anting-anting kering sebanyak 30-60 gram dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum 3 kali sehari sebelum makan, masing-masing 1 gelas.
********
Moga-moga info tadi bermanfaat buat readers...... :)

3 komentar:

obat pelangsing cepat mengatakan...

makasih share artikelnya..dunia herba memang banyak rahasianya yang belum terungkap ....

Diah mengatakan...

Hebat mas browwww

p-anisa mengatakan...

ternyata, hampir semua tumbuhan disekitar kita itu memiliki manfaat ya..

Poskan Komentar